Bantuan Belum Diterima, Puluhan KPM Dari Berbagai Kecamatan Datangi Dinsos Karo

REAKSIMEDIA.COM | Kabanjahe, Karo – Puluhan Keluarga yang terdaftar sebagai Penerima Mamfaat ( KPM) ,Bantuan Langsung Tunai (BST) , Penerima Keluarga Harapan dan Bantuan Pangan Non Tunai ( BPNT) berbondong bondong datangi Kantor Dinas Sosial Kabupaten Karo, Senin (02/08/2021) di Jalan Jamin Ginting No Desa Ketaren Kabupaten Karo Sumatera Utara.

Salah satu KPM, Herlina Br Tarigan (53) warga Desa Tigapanah Kecamatan Tigapanah, mengatakan kalau dia sudah lama tidak menerima bantuan ,dan saat dia cek ke Dinas Sosila ternyata, dia punya saldo Rp 1.000.000 (Satu Juta Rupiah) , bantuan untuk Lima bulan, tapi tidak bisa diambil, ” ungkapnya kecewa.

“Menurut Pegawai Dinas Sosial Bantuan itu masih terkunci, ada perbaikan data, kata mereka, Kalau memang sudah tidak dapat ya tidak apa apa yang penting ada kepastian, jangan dibuat kita berharap harap, ” kata Herlina kepada REAKSI MEDIA.

Lain lagi keluhan Keluarga Penerima Maamfaat (KPM) Septari Br Barus (30) kalau bantuan Sembako yang diambil ke Warung itu saya tiap bulan dapat, tapi saya kok bingung, kenapa uang untuk anak sekolah dikurangi, tadi saya tanya petugas disini, mereka bilang kalau kebijakan Kemensos telah menetapkan, walau dua anak sekolah tingkat SD yang dapat hanya satu, begitu juga SMP, “ujarnya.

Banyaknya keluhan terkait adanya juga saat di cek saldo, tapi tidak kelihatan, REAKSI MEDIA mencoba mengkomfirmasi pihak dari Dinas Sosial.

Kabid Pemberdayaan Sosial Dan Penanggulangan Kemiskinan, Risma menjelaskan” kalau saat ini adanya perbaikan data, dan banyak sekali data yang tidak Failed, jadi harus di singkronkan, seperti satu huruf saja beda antara Kartu Keluarga dan KTP, ini harus di cocokkan ke Dinas Kependudukan, jadi setelah ini semua singkron, pasti bantuan itu keluar, ” ujarnya.

Baca juga:  Srikandi PPM LVRI Karo Ikut Melakukan Pencarian Herlan Gurning

Hal yang sama juga diungkapkan dari Pihak Bank Mandiri Kabupaten Karo, Kordinator Vika Br Bangun yang mengatakan, kalau memang dana bantuan ada yang dibekukan, ini nanti tergantung Kemensos Bang, kalau dicairkan kita cairkan, kalau dikembalikan ya kita kembalikan, memang sekarang ada perbaikan data, jawaban kita sama kok seperti yang diungkapkan dari Pihak Dinas Sosial ” ujarnya.

Laporan : Erianto Perangin Angin

Tags: