Dedikasi Terbaik Membangun NKRI, Kodim 0428/MM Bangun Rumah Warga Kurang Mampu di Lokasi TMMD

REAKSIMEDIA.COM | Mukomuko Bengkulu – Haru dan senang bercampur aduk terpancar dari wajah Sutaji, pria 31 tahun warga Desa Mekar Sari ini mendapatkan bantuan program Bedah Rumah dari Karya Bakti Kodim 0428/Mukomuko semester satu tahun 2022.

Tak terbayang bagi dirinya untuk mempunyai rumah layak huni yang dibangun Kodim 0428/Mukomuko disaat bersamaan dengan masuknya TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) didesa Sidodadi tahun ini.

Rumah tidak layak huni yang ditempati sebelumnya bersama istri dan 2 anaknya kini berubah menjadi rumah yang nyaman dan layak untuk disebut tempat tinggal, karena rumah yang didiami sebelumnya jikalau hujan selalu bocor disana sini, tiang rumah yang terbuat dari batang pohon yang mudah lapuk semakin membuat dirinya khawatir dikarenakan bisa rubuh kapan saja, ditambah sanitasi yang buruk semakin memperparah keluarga kecil tersebut untuk mendapatkan tempat tinggal yang layak.

Akan tetapi saat ini semua kekhawatiran Sutaji telah berlalu, Prajurit TNI AD dari Kodim 0428/Mukomuko dibawah kepemimpinan Letkol Czi Rinaldo Rusdy SIP masuk kedesa Sidodadi untuk melaksanakan program TMMD, juga turut membawa “perubahan” bagi keluarga kecilnya.

Dikarenakan kejelian Dandim 0428/Mukomuko yang berlatar Zeni itu melihat betapa buruknya tempat bernaung pak Sutaji, sehingga Dandim memberikan arahan kepada personilnya untuk melakukan bedah rumah milik pak Sutaji.

Dandim 0428/Mukomuko Letnan Kolonel Czi Rinaldo Rusdy SIP yang dikonfirmasi terkait Karya Bakti TNI pada program Bedah Rumah Tidak Layak Huni, disela kegiatan pembukaan TMMD di Desa Sidodadi mengatakan,” kegiatan bedah rumah Itu diluar dari konteks TMMD, dimana pembangunan rumah tidak layak huni itu, kami lakukan pada program kita di semester satu, namanya kegiatan Program Karya Bakti Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil). Dimana, Karya Bakti Satkowil pada semester I tahun 2022 ini, pihaknya melaksanakan program bedah rumah untuk 1 unit rumah warga kurang mampu yang berlokasi di Desa Mekar Sari, Kecamatan Sungai Rumbai,” papar Dandim.

Baca juga:  Terus dan Terus, Jemput Bola Dukcapil Jangkau Pulau Kera di Kupang

‘’Awalnya sih bedah rumah, merenovasi sebagian dari bangunan, akan tetapi setelah saya melihat langsung kondisi ril di lapangan, tak mungkin untuk rehab sebagian. Jadi kami ambil sikap untuk rehab total atau bangun baru. Kegiatan ini bukan item TMMD, tetapi melalui Karya Bakti Satkowil, murni dari TNI AD,’’ ungkap Dandim.

Lebih lanjut Perwira Dua Melati Emas ini mengatakan,” kondisi rumah awal tersebut sangat memprihatikan, kaya kayu tiang rumahnya terbuat dari balok balok pohon, dan langsung saya putuskan kepada Tim untuk menetapkan rumah itu sebagai sasaran Karya Bakti TNI, dan pelaksanaan bedah rumah itu sekarang ini sudah mencapai 80 persen, tinggal lagi memasuki pekerjaan finishing,
saat ini personel kita masih kerja, ada beberapa item lagi yang harus diselesaikan, termasuk pengecatan,’’ tutur Dandim mengakhiri.

Ditempat terpisah, pak Sutaji yang ditemui dirumah barunya tidak mampu berkata panjang dan banyak, hanya untaian ucapan rasa terimakasih kepada Prajurit TNI AD dari Kodim 0428/MM yang berulang kali utarakannya.,” Sangat berterima kasih bisa dibantu seperti ini, sangat berterima kasih sekali, sudah tidak bisa berkata apa apalah, dibuatkan rumah seperti ini, intinya sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada Bapak TNI karena sudah dibuatkan rumah, semoga kedepannya bisa membantu warga yang lainnya juga, terkhusus ucapan terimakasih yang sebanyak banyaknya kepada Bapak Dandim karena saya sudah dibuatkan rumah seperti ini,” ujar suami dari Titin Sulainingsih yang seharinya bekerja sebagai buruh serabutan ini.

Disaat ini peran penting TNI bukan hanya semata dimedan perang, akan tetapi peran itu sangat dibutuhkan diberbagai sendi kehidupan didalam jiwa Bangsa dan Negara Indonesia, tetaplah menjadi bagian dari Rakyat TNI ku..tetap lah dan selalu bersama rakyat, jayalah selalu TNI didalam dedikasi membangun NKRI..semoga..

Laporan : Rahmadsyah Sipahutar

Tags: