Bhabinkamtibmas Bersama Perangkat Desa Menyambangi Anak yang Putus Sekolah di Wilayah Binaannya

IMG 20220809 WA0040

REAKSIMEDIA.COM | Demak – Pada hari senin (8/08/22), Bertempat di Desa geneng Rt.06/03 Kec.Mijen Kab.Demak Bhabinkamtibmas Bripka Sugimin,SH mendatangi rumah anak yang putus sekolah.

Disampaikan, rata-rata penyebab putus sekolah adalah kurangnya pendampingan dan motivasi dari orang tua. Sebab, pada saat masa pandemi, diterapkan pembelajaran jarak jauh, sehingga ada kerentanan yang cukup tinggi dan berakibat anak putus sekolah.

Kapolsek Mijen Iptu Pri bawono SH.MH mengatakan terkait faktor-faktor apa saja yang menyebabkan kerentanan anak ini putus sekolah, apakah masalah pembiayaan, apakah masalah kurangnya motivasi, atau masalah hal yang lain. Karena, ada potensi anak-anak mendukung ekonomi keluarga saat pandemi,” jelasnya.

Jika terkait masalah pembiayaan, lanjutnya, adanya bantuan operasional sekolah (BOS) dari pemerintah pusat dan anggaran pendukung dari Pemkab Demak di sekolah negeri nantinya bisa di gunakan.

Namun, anak yang putus sekolah yang disebabkan karena hal lain, sehingga tidak bisa melanjutkan di sekolah formal, carek Desa Geneng menjelaskan, jika mereka bisa melanjutkan ke sekolah nonformal atau kesetaraan melalui kejar paket.

“Maka, ini bisa menjadi alternatif atau solusi bagi anak-anak yang sudah putus sekolah,” terangnya.

Laporan : Suryadi

Baca juga:  Binluh Kemitraan Sampaikan Kondusifitas Menjelang Ramadhan

Tags: