Kasal: Kejayaan Angkatan Laut Merupakan Bangunan Kokoh yang Disusun dari Karya Generasi ke Generasi

IMG 20221025 WA0234

REAKSIMEDIA.COM | Jakarta – “Kejayaan TNI Angkatan Laut (TNI AL) tidak dibangun oleh satu generasi, tetapi merupakan bangunan kokoh yang tersusun dari karya generasi ke generasi sesuai masanya sendiri-sendiri, yang terikat kuat oleh satu tekad dan cita-cita yang sama.”

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono saat memimpin Upacara Wisuda Purna Wira (WPW) kepada 82 Purnawirawan Perwira Tinggi (Pati) TNI AL sebagai simbol penghormatan, penghargaan dan rasa terima kasih kepada mereka yang telah memasuki masa purna bakti, bertempat di Lapangan Arafuru Akademi Angkatan Laut (AAL), Bumi Moro, Surabaya, Senin malam (24/10) kemarin.

Kasal yang didampingi Ketua Umum Jalesenastri Ny. Vero Yudo Margono mengatakan bahwa, purna bakti bukanlah akhir dari jalan pengabdian. Purna bakti hanyalah transisi untuk terus mengabdi dengan cara yang berbeda di tengah-tengah bermasyarakat. Kawah Candradimuka Bumimoro menjadi tempat yang tepat untuk menghantar para wisudawan, karena dari tempat ini pulalah para wisudawan dilahirkan dan memulai langkah pertama pengabdian sebagai perwira.

“WPW pada hakikatnya merupakan tradisi khas TNI AL dalam melepas Pati yang telah memasuki masa purna bhakti. Tradisi ini merupakan bentuk penghormatan yang tulus dari seluruh jajaran TNI AL atas dharma bakti yang telah dicurahkan oleh para pendahulu bagi kejayaan TNI AL, TNI, Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ucap Laksamana Yudo.

Kasal menyadari bahwa Upacara Wisuda Purna Wira (WPW) bukan sekedar melestarikan tradisi yang harus kita jaga. Lebih dalam dari itu, upacara ini melambangkan pewarisan nilai-nilai luhur perjuangan dan semangat pengabdian perwira TNI Angkatan Laut kepada generasi penerus prajurit Jalasena Samudera.”

IMG 20221025 WA0235

Kasal Laksamana Yudo mengucapkan rasa terima kasih atas nama seluruh prajurit Jalasena Samudera kepada para wisudawan. “Kami menghaturkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, atas segala jasa, pengorbanan dan pengabdian yang telah ditorehkan dengan tinta emas oleh para wisudawan sekalian serta penghargaan yang sama kami sampaikan kepada keluarga yang telah menjadi bagian dari pengabdian sebagai prajurit Jalasena,” ujar Kasal.

Baca juga:  Pesan Polri Menjelang Demonstrasi BEM SI: Hormati Hak Masyarakat

Wisuda 82 Pati TNI AL terdiri dari 1 orang Pati bintang tiga Laksamana Madya TNI, 23 orang Pati bintang dua Laksamana Muda TNI/Mayor Jenderal Marinir TNI, dan 58 orang Pati bintang satu Laksamana Pertama TNI/Brigadir Jenderal TNI Marinir tersebut dilakukan bersama dengan upacara peluncuran Perwira Remaja (Paja) angkatan ke-67, yang baru saja dilantik dari Lembaga Pendidikan Akademi Angkatan Laut.

Pada saat Upacara Militer juga dilaksanakan penyerahan Piagam Penghargaan dari Laksamana Yudo Margono kepada perwakilan wisudawan WPW Pati TNI AL sebagai penghormatan dan penghargaan atas Dharma Bhaktinya, dilanjutkan penyerahan cindera mata dan penyerahan Kartu Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri TNI dan POLRI (Pepabri), Persatuan Istri Purnawirawan (Perip), Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut (PPAL) dan Persatuan Istri Purnawirawan Angkatan Laut (PIPAL).

Laporan : Suryadi
Sumber : Dinas Penerangan Angkatan Laut

Tags: