Penghargaan IKJ KE III dilakasanakan pada 19 Juni 2024

IMG 20240612 WA0007 scaled

REAKSIMEDIA.COM | Jakarta – Penghargaan IKJ ke III akan dilaksanakan pada 19 Juni 2024, pukul 19:00 WIB Sebelumnya, Penghargaan IKJ ke I dilaksanakan tanggal 18 April 2012 dan Penghargaan IKJ ke II dilaksanak pada 30 Mei 2014. Kedua penghargaan terdahulu sama-sama di gelar di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jl. Cikini Raya 73, Jakarta Pusat. Namun, Penghargaan IKJ ke III kali ini bukan digelar di Graha Bhakti Budaya melainkan di Teater Besar, Taman Ismail Marzuki, Jl. Cina Raya 73, Jakarta Pusat. Kapasitas tempat duduk Teater Besar Icbih banyak daripada Graha Bhakti Budaya, berjumlah 1200 kursi, ditunjang fasilitas panggung hatakhir yang memungkinkan acara berskala besar.

Rentang waktu Penghargaan IKJ ke I dan II hanya torpeut dua tahun, sementara Ponghargaan IKJ ke II dan III mencapai sepuluh tahun. Perbedaan rentang waktu dari II ke III lebih lama daripada 1 dan Il tersebut bukan tidak disengaja. Evaluasi setiap tahun tetap dilakukan, namun Penghargaan IKJ ke Ill mempertimbangkan kapasitas dan kapabilitas kandidat pada waktu yang tepat. Team Kurasi Penghargaan IKJ memperhatikan bahwa pertumbuhan insan seni peran tidak lahir secara periodic Maka, bagi Penerima Penghargaan IKJ patut berbangga dan dapat menjadi motivator hagi generasi.

IMG 20240612 WA0008 1 scaled

Rahman Yacob dalam keterangan pers nya, “Penghargaan IKJ” diberikan kepada mereka yang telah berjasa memberi nilai tambah yang signifikan terhadap Seni Peran di Indonesia. Nilai tambah tersebut dapat berupa kekaryaan atau kontribusi yang menginspirasi daya kreatif, penentu kecenderungan, ketauladanan, keilmuan maupun kebijakan yang dapat meningkatkan mutu hidup manusia. Maka penghargaan diberikan kepada beberapa kategori berikut, al.: Aktor, Aktris, Sutradara, Penulis Cerita Scenario, Lifetime Echievmen, Pengamat, Media, Organisasi/yayasan, dan Pejabat Publik. Ada dua syarat penerima penghargaan IKJ Seni Peran, al: 1) belum pernah kuliah di IKJ, 2) belum pernah memperoleh penghargaan IKJ, Rabu (12/6/2024) digedung “Teater Luwes” Jakarta Pusat.

Baca juga:  Kemendagri Beri Penghargaan kepada Daerah Terbaik dalam Menerapkan Standar Pelayanan Minimal

Konsideran yang melatarbelakangi Penghargaan IKJ ke III, antara lain: 1) Bahwa Semi Peran mampu menggugah dan memperdalam kesadaran manusia akan keindahan lahir dan batin. 2) Bahrwa untuk menjaga, mengembangkan, meningkatkan, memajukan Seni Peran di Indonesia dibutuhican ekosistem dan kerjasama yang kondusif diantara para seniman maupun segenap pemangku kepentingan secara berkesinambungan. 3) Bahwa untuk menghargai Karya Seni Peran diberikan Penghargaan IKJ.

IMG 20240612 WA0010 scaled

kepada Seniman dan/atau Kontributor Seni Peran yang berjasa mensukseskannya. Dari ketiga konsideran tersebut dirinci lagi menjadi beberapa instrumen variable yang cukup, rumit dan akademis. Parameter akademik menjadi sangat penting karena Institut Kesenian Jakarta selaku lembaga pendidikan seni harus mempertanggungjawabkan keputusannya secara ilmiah. Tim Kurasi Penghargaan IKJ melakukan sejumlah FGD (Focus Group Discussion) untuk meneliti potensi calon-calon penerima penghargaan, sejak bulan April s/d Juni 2024, di Ruang Rapat Fakultas Seni Pertunjukan Institut Kesenian Jakarta. Sidang Pleno pada FGD tersebut dilaksanakan pada tanggal 3 Juni 2024, merupakan sidang terakhir untuk menentukan nama-nama penerima penghargaan. Mekanisme penetapan penerima penghargaan ditempuh melalui musyawarah untuk mufakat atau pemungutan suara.

IMG 20240612 WA0012 scaled

Jika musyawarah tidak tercapai, ditempuhlah melalui pemungutan suara. Namun, terjadi pemungutan suara, Ketua Kurator Rahman Yakob, 5.5n, M.Sn., M.Ikom, tidak mau turut memilih. Hanya jika perolehan suara seimbang, maka Rahman Yakob wajib memilih untuk menentukan pemenang. FGD dihadiri oleh sekitar 30 Anggota Tim Kurasi. Dr. Sudibyo, S.Sa., M.Sn. selaku Wakil Ketua Kurator menawarkan Pola Perhitungan Mutu Penerima Penghargaan IKJ. Pola tersebut berguna untuk kapasitas dan kapabilitas kandidat penerima Penghargaan IKJ, imbuhnya.

Laporan : Ria Satria

Tags: