Peringati Hari juang TNI-AD, Kodim 0613/Ciamis Rias Patung Siliwangi Semakin Cemerlang di Batas Provinsi

IMG 20221216 WA0013

REAKSIMEDIA.COM | Banjar – Kodim 0613/Ciamis melakukan pengecetan Tugu Maung Siliwangi yang menjadi tapal batas Jawa Barat dengan Jawa Tengah. Tugu tersebut berada di Lingkungan Cibentang, Desa Mekarharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat.

Pengecetan dilakukan oleh anggota Koramil 1313/Banjar Kodim 0613/Ciamis Korem 062/Tarumanagara Kodam III/Siliwangi sejak satu hari dipimpin langsung Danramil 1313/Banjar Mayor Inf Moh Junaidi. Tak hanya itu, prajurit juga membersihkan lumut serta rumput liar yang berada disekitar Tugu Maung Siliwangi agar terlihat indah dan rapih saat dipandang.

Tugu Maung Siliwangi ini bagian dari pada bukti sejarah simbol perjuangan prajurit TNI melawan penjajah. Tugu Maung Siliwangi ini memiliki makna lain yakni “Siliwangi adalah rakyat Jawa Barat. Rakyat Jawa Barat adalah Siliwangi”.

“Alhamdulillah hari ini kami, Kodim 0613/Ciamis telah selesai mengecat sekaligus melakukan perawatan Tugu Perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah berupa patung Maung Siliwangi,” ujar Komandan Kodim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P., M.I.Pol., seusai melihat hasil akhir pengecetan Tugu Maung Siliwangi di Perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah, Kota Banjar, Kamis sore (15/12/2022).

Dandim 0613/Ciamis menuturkan, pengecetan sekaligus pemeliharaan Tugu Maung Siliwangi simbol dari prajurit TNI melawan penjajah dalam rangka bagian peringatan Hari Juang TNI AD ke-77. Ini juga bagian dari perhormatan para pahlawan dalam berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Ini wujud penghormatan jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut dan mempertahankan kemedekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucap Dandim.

Tak hanya itu, kata Dandim, peremajaan Tugu Maung Siliwangi ini juga bagian dari pada upaya TNI AD untuk memperkenalkan sejarah tentang perjuangan para pahlawan kepada para generasi muda penerus bangsa.

Baca juga:  Panglima TNI Tinjau Puncak Arus Mudik Di Stasiun Pasar Senen

“Dengan terpeliharanya Tugu Maung Siliwangi ini seiring dengan terpelihara sejarah perjuangan prajurit Siliwangi dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan NKRI. Semoga para generasi muda dapat merawat serta melestarikan sejarah bangsa,” tuturnya. (*)

Laporan : Suryadi

Tags: