Presiden Jokowi Cek Harga Komoditas Pangan di Pasar Rakyat Talang Banjar Jambi

Presiden Jokowi Cek Harga Komoditas Pangan di Pasar Rakyat Talang Banjar Jambi 768x674 1

REAKSIMEDIA.COM | Jambi – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau aktivitas perdagangan yang berlangsung di Pasar Rakyat Talang Banjar, Kota Jambi, Provinsi Jambi, Selasa (16/05/2023). Dalam keterangannya usai peninjauan, Presiden mengatakan bahwa harga komoditas pangan di sana masih stabil, bahkan cenderung turun pada beberapa komoditas.

“Ini kan habis Lebaran saya ingin memastikan bahwa harga-harga masih baik dan justru beberapa turun, hanya telur saja yang harganya sedikit naik,” ungkap Presiden.

Presiden melanjutkan, pengecekan harga di pasar penting untuk dilakukan guna mengendalikan inflasi yang berpengaruh terhadap daya beli masyarakat. Untuk itu, Presiden menginstruksikan pemerintah daerah (pemda) untuk terus melakukan pengecekan di lapangan.

“Saya sudah perintahkan kepada gubernur, kepada wali kota untuk melihat terus harga-harga yang ada di pasar. Dan saya senang di Jambi inflasinya turun artinya harga-harga bisa dikendalikan turun,” lanjutnya.

Selain pengecekan harga di pasar, Presiden menyampaikan bahwa langkah konkret yang dapat dilakukan dalam pengendalian inflasi yaitu dengan membantu biaya transportasi. Menurutnya, pemda dapat mengalokasikan APBD untuk membantu pembiayaan tersebut dari tempat produksi ke pasar.

“Jelas kan sudah bolak balik saya sampaikan membantu dari APBD baik provinsi, maupun kota, maupun kabupaten untuk membiayai biaya transpor dari tempat produksi ke pasar, itu jelas konkret,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga menyapa sekaligus memberikan bantuan modal kerja kepada para pedagang di pasar.

Turut mendampingi Presiden pada peninjauan di pasar yaitu Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Jambi Al Haris, dan Wali Kota Jambi Syarif Fasha.

Laporan : Sandio
Sumber : BPMI SETPRES

Baca juga:  Mulai Januari 2023, Penemuan Kasus TBC Ditargetkan 60 Ribu Per Bulan

Tags: