Cegah “Generasi Kerdil dan Gagal Tumbuh”, Pemdes Lubuk Gedang Gelar Rembuk Stunting

IMG 20230309 WA0465

REAKSIMEDIA.COM | Mukomuko – Pemerintah Desa Lubuk Gedang menggelar Rembuk Stunting untuk memberikan pemahaman dan edukasi kepada warganya dalam upaya untuk pencegahan “generasi kerdil dan gagal tumbuh” bagi para Kader PKK, Kades Posyandu, dan penyuluh KB.serta warga Desa Lubuk Gedang, yang digelar di Aula Kantor Desa Lubuk Gedang Kecamatan Lubuk Pinang Kabupaten Mukomuko, Kamis (9/3/23).

Pada kesempatan itu, Kepala Desa Lubuk Gedang Yunna Suardi dalam kata sambutannya pada kegiatan itu menyampaikan sekiranya kegiatan ini berjalan lancar dan membawa pencerahan serta edukasi kepada peserta yang hadir.

” Semoga bermanfaat untuk warga Desa Lubuk Gedang, sebab program ini merupakan program unggulan pemerintah untuk upaya bagi peningkatan kualitas hidup rakyat Indonesia yang dalam tujuannya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Desa Lubuk Gedang, dan semoga kiranya warga Desa Lubuk Gedang selalu dalam keadaan sehat dan jauh dari Stunting dan jikalau ada permasalahan ataupun unek unek mohon ditanyakan kepada Narasumber agar kita semua paham untuk melakukan tindakan dalam pencegahan Stunting ini,” ujar Kades Lubuk Gedang Yunaswardi.

IMG 20230309 WA0466

Sementara itu Kapolsek Lubuk Pinang diwakili Wakapolsek IPDA Toni ARW SH dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa kegiatan hari ini sangat bermanfaat untuk kita semua dalam upaya bersama untuk pencegahan Stunting.

” Sehingga anak anak kita di Desa Lubuk Gedang kedepannya tidak ada terdampak dari Stunting, maka dengan ilmu yang kita terima hari ini tentunya akan membawa manfaat bagi kita dalam menambah pengetahuan dan pemahaman kita untuk mencegah terjadinya Stunting sedari dini,” ungkap IPDA Toni ARW.

Selain itu Wakapolsek Lubuk Pinang juga tak lupa memberikan pesan Kamtibmas kepada warga yang hadir dalam acara tersebut.” Mari kita senantiasa selalu menjaga keharmonisan lingkungan ditempat tinggal kita, agar Kamtibmas tetap terjaga, bijak dalam bermedsos, silahkan bermedia yang bermanfaat untuk kita dan orang lain. Mari kita taat aturan yang ada, jikalau kita taat maka akan selamat dari sanksi, taat hukum baik hukum pemerintah/negara ataupun hukum adat, dan jikalau ada permasalahan di lingkungan sampai kan kepada pemerintah Desa, atau sampaikan kepada Bhabinkamtibmas agar bisa dicarikan jalan keluar dan solusinya, mari kita bersama menjaga Kambtibmas yang kondusif ditengah tengah kita,” pinta Wakapolsek Lubuk Pinang IPDA Toni ARW.

Baca juga:  Dampak Kemarau, 260 Hektare Sawah Warga di Pasar Ipuh Terancam Gagal Tanam

Ditempat yang sama Camat Lubuk Pinang Ali Nasri SH pada kesempatan itu menyampaikan salam perkenalan kepada warga Desa Lubuk Gedang karena dirinya baru menjabat tiga hari sebagai Camat Lubuk Pinang dan menyampaikan harapan kepada peserta yang hadir untuk betul betul mengikuti kegiatan ini agar pemahaman dan ilmu yang disampaikan Narasumber dapat menjadi ilmu dalam upaya bersama untuk memerangi Stunting.

” Program stunting ini merupakan program unggulan pemerintah Pusat, ini di perkuat dengan Perpres no 72 tahun 2021, dan ini harus didukung oleh semua pihak, jadi mohon kepada warga di Kecamatan Lubuk Pinang khususnya warga Lubuk Gedang yang hadir pada kegiatan ini agar betul betul menguasai dan dapat memahami pengetahuan yang disampaikan Narasumber, sehingga kedepannya melalui kegiatan dapat menjadi harapan Pemerintah dalam upaya kita bersama untuk mencegah Stunting. Sekiranya program ini bisa berjalan dan berhasil dengan baik di masyarakat, pengetahuan yang didapat akan tersampaikan kepada masyarakat,” pinta Camat Ali Nasri.

IMG 20230309 WA0464

Selain itu Camat Lubuk Pinang juga berharap dukungan dari seluruh masyarakat di Kecamatan Lubuk Pinang agar kedepannya Kecamatan Lubuk Pinang semakin lebih baik dan lebih maju.

” mohon dukungan masyarakat kepada saya sebagai camat, kita siap menerima kritik yang sifatnya Konstruktif, kami mohon kerjasamanya dalam kebersamaan kita untuk mensukseskan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Mukomuko, kita akan mempermudah dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, semoga kedepannya Kecamatan Lubuk Pinang semakin maju dan semakin lebih baik lagi,” pungkas Camat Lubuk Pinang Ali Nasri.

Adapun kegiatan Rembuk Stunting Desa Lubuk Gedang dengan Narasumber dari TAPM P3MD Kabupaten Mukomuko Jasman St, Kepala Puskesmas Lubuk Pinang Bayu Ardina Faridawati S Keb dan Korcam Pendamping Desa Kecamatan Lubuk Pinang Joni Candra Spd.

Tampak hadir pada kegiatan itu, Camat Lubuk Pinang, Wakapolsek Lubuk Pinang, Kasi Pemerintahan Kecamatan Lubuk Pinang, Bakor Babinsa Kecamatan Lubuk Pinang, Kades beserta perangkat Desa Lubuk Gedang, Ketua BPD Lubuk Gedang beserta anggotanya, Bhabinkamtibmas dan para peserta yang hadir pada acara tersebut serta lainnya.

Laporan : Rahmadsyah Sipahutar

Tags: