Gus Halim Bahas SDGs Desa di Universitas Khairun

IMG 20221013 WA0035

REAKSIMEDIA.COM | Ternate – Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar memberikan kuliah umum dihadapan civitas akademika Universitas Khairun, Ternate, Maluku Utara, Kamis (13/10/2022).

Pria yang akrab disapa Gus Halim menyampaikan tentang peran perguruan tinggi pada pembangunan berbasis SDGs Desa.

Kemendes PDTT telah menjadikan SDGs Desa sebagai arah kebijakan pembangunan Desa.

“SDGs Desa, akan meluaskan peran desa dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutaN,” kata Gus Halim.

SDGs Desa, memperjelas arah pembangunan desa, memudahkan praktek pelaksanaannya di lapangan, serta mempermudah pengukuran hasil, manfaat, dan dampak pembangunan.

Ikon SDGs Desa, memudahkan warga desa memahami tujuan pembanguan. Contohnya, tujuan pengurangan kemiskinan lebih mudah dipahami oleh ikon tabungan, dibandingkan ikon global yang kerap disalahpahami semirip program keluarga berencana.

IMG 20221013 WA0037

Hal ini distimulasikan agar perencanaan pembangunan di desa berdasarkan masalah agar pembangunan bisa menyelesaikan persoalan di desa.

SDGs Desa menjadi arah kebijakan pembangunan desa sampai 2030. Ini ditetapkan dalam Permendesa PDTT Nomor 21/2020

Sesuai regulasi tersebut, tahapan pembangunan desa dimulai dari pendataan, perencanaan, pelaksanaan, serta monitoring dan evaluasi. Secara khusus, regulasi tersebut memastikan daulat desa atas datanya sendiri.

Gus Halim berharap agar para mahasiswa untuk melakukan stimulasi agar ditemukan solusi atas persoalan yang dihadapi oleh desa.

“Dari sinilah, kami semua berharap agar Dana Desa bisa termanf√†atkan dengan baik hingga semua permasalahan di desa bisa terjawab,” kata Gus Halim.

Gus Halim juga bersama Rektor Universitas Khairun Ridwan Ajam meresmikan SDGs Desa Center di Umiversitas Khairun.

Selain itu, Gus Halim juga memberikan beasiswa transmigrasi untuk mahasiswa Universitas Khairun dan IAIN Ternate.

IMG 20221013 WA0036

Turut hadir dalam kuliah umum, Sekjen Kemendes Taufik Madjid, Dirjen PEID Harlina Sulistyorini, Dirjen PDP Sugito, Dirjen PPDT Eko Sri Haryanto dan Plt Dirje. PPKTrans Rajumber Prihatin, Staf Ahli Ansar Husen dan Pejabat Tinggi Madya.

Baca juga:  Dirjen Teguh Setyabudi Pacu Semangat Disdukcapil se-Maluku Utara Capai Target Kinerja

Setelah itu, Gus Halim bersama rombongan mengunjungi Pulau Meitara, Desa Meitara Tengah, Kecamatan Tidore Utara, Kota Tidore Kepulauan, juga hadir Wali Kota Tidore Ali Ibrahim, Kamis.

Gus Halim juga Meresmikan serta meninjau Obyek Wisata Mangrove Pembangunan Jalan Lingkungan Wisata.

Laporan : Suryadi
Sumber : Firman/Kemendes PDTT

Tags: