Jim Peterson: Pemekaran Wilayah Papua Sebagai Upaya Percepatan Pembangunan

REAKSIMEDIA.COM | Kalimantan Timur – Pemekaran provinsi dan kabupaten baru di Papua sangat tepat untuk dilaksanakan demi peningkatan pelayanan dan mempercepat pembangunan.

Demikian disampaikan peneliti Lembaga Studi Pertahanan dan Studi Strategis Indonesia (Lesperssi), Jim Peterson, MA., M.Sos, di Jakarta, Jumat ( 13/5/2022 ).

” Pemekaran provinsi dan kabupaten baru di Papua tepat untuk dilakukan karena sejumlah alasan mulai dari faktor sejarah, budaya, ekonomi dan pemerintahan. Pertama, kondisi geografis Papua sangat luas sekali, kedua, kompleksitas dari kondisi geografis tersebut. Dan ketiga, melalui Pemekaran, Papua diharapkan mampu untuk memangkas birokrasi, sehingga dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Termasuk didalamnya peningkatan pelayanan pendidikan kepada orang asli Papua”, ujar Jim.

Analis ini menambahkan bahwa bila Papua dimekarkan menjadi lima provinsi, maka penyebaran penduduk dan jumlahnya menjadi signifikan. Hal ini akan mempermudah manajemen pelayanan publik kepada masyarakat Papua.

“Pemekaran provinsi dan kabupaten di tanah Papua bisa membawa dampak yang positif bagi masyarakat asli Papua. Oleh karena itu seluruh stakeholder perlu untuk memberikan dukungan,” tutupnya mengakhiri.

Laporan : Ence

Baca juga:  Saat Presiden Menikmati Malam di IKN

Tags: