Pembangunan Drainase di Desa Air Emas Kecamatan Singingi di Duga Asal Jadi

IMG 20231014 WA0011

REAKSIMEDIA.COM | Kuantan Singingi – Pembangunan drainase memiliki peranan penting di dikawasan pemukiman penduduk, termasuk diantaranya mengurangi kemungkinan banjir dan mencegah kerusakan jalan serta bangunan, itu semua dapat terwujud apabila pengerjaannya sesuai dengan harapan dan ketentuan standar kontruksi serta Rancangan Anggaran Biaya (RAB)

Demikian halnya dengan Desa Air Emas Kecamatan Singingi kabupaten Kuansing Riau. Sepanjang lebih 100 meter nampak bangunan Drainase yang lagi tahap pengerjaan berlangsung.

IMG 20231014 WA0012

Namun untuk mencapai fungsi sebenarnya dirasa cukup berlebihan, Pasalnya banyak warga yang mengeluh dan merasa kecewa, dengan pengerjaannya yang terkesan asal jadi.

“Hal inipun diungkapkan salah seorang warga yang berinsial MS, dia mengaku sangat kecewa selaku warga desa, karena dalam pengerjaan bangunan drainase tersebut tidak melakukan pekerjaan secara swadaya, karena warga tempatan tidak di ikutkan, padahal menurutnya, dia seorang pekerja buruh bangunan,” ungkapnya.

Lain halnya dengan JT  yang mengatakan, jalan gang yang masuk kerumahnya harus diputuskan untuk pekerjaan drainase, akan tetapi pengerjaannya dilakukan belakangan, membuat masyarakat untuk jalan harus mutar jika menggunakan kenderaan.

Selain itu, JT juga mengomentari bangunan drainase yang baru dibangun, lebih rendah dari drainase yang lama, sementara drainase yang lama, sebelumnya adalah satu-satunya jalan air yang menuju buangan atau anak sungai.

IMG 20231014 WA0013

Kejanggalan pelaksanaan drainase ini pun terlihat di ada beberapa sisi bangunan, yang jarak besi coran dengan besi coran lain berbeda, padahal sebelumnya jarak antara besi beton sekitar 10 cm dan sekarang sekitar 30 cm.

Kepala Desa Air Emas Adi Sutiyo SH saat dikonfirmasi membenarkan ada Proyek drainase di desa Air Emas yang sumber dananya dari APBD Kabupaten Kuantan Singingi 2023 sebesar Rp 189.751.000.Kontrak pelaksanaan CV KANADE,

Baca juga:  Bentuk Peduli ke Anggotanya, Kapolsek Somba Opu Melayat ke Rumah Duka

Laporan : Jakup Tarigan

Tags: