Rakernas Sekretariat Bersama Wartawan Indonesia Membangun Wartawan Profesional Dan Sejahtera

IMG 20220727 WA0053

REAKSIMEDIA.COM | Bogor – Persaingan bisnis media, menuntut wartawan harus bekerja lebih profesional,dengan kondisi kesejahteraan yang memprihatinkan.

Tentu saja menjadi topik hangat di jalannya rakernas SWI yang digelar di Kinasih Hotel Resort & Confrence Bogor, Sabtu (23/07/2022).

Acara Rakernas SWI yang dibuka dengan pemukulan gong oleh Sekjen Sekber Wartawan Indonesia (SWI) Hery Budiman, berlangsung setelah sebelumnya digelar Deklarasi yang dihadiri langsung Ketua Umum Sekber Wartawan Indonesia, Maryoko Aiko, beserta jajaran Dewan pengurus DPP.

Deklarasi dan Rakernas SWI yang pertama ini diikuti Seluruh DPW dari Aceh hingga Papua, dengan pengurus ranting DPD tingkat Kabupaten Kota.

Dalam sambutannya Ketua Umum SWI Maryoko Aiko menyampaikan dua pesan penting terhadap peserta Deklarasi dan Rakernas SWI yang seluruhnya adalah jurnalis dari berbagai media online.

Yang pertama kata Aiko SWI harus hadir sebagai organisasi yang profesional untuk itu organisasi SWI harus diakui Lembaga tertinggi dari organisasi pers yakni Dewan pers, selanjutnya Aiko meminta kepada para jajaran pengurus DPP untuk segera menyiapkan segala syarat administrasi untuk proses Verifikasi SWI ke Dewan pers agar Sekber Wartawan Indonesia bisa segera menjadi Konstituen Dewan Pers tahun ini.

IMG 20220727 WA0054

Yang kedua jelas Aiko, organisasi Sekber Wartawan Indonesia harus menjadi wadah para anggotamya untuk bisa menjadi lebih baik,
Kesejahteraan anggota SWI yang memiliki profesi sebagai jurnalis harus ditingkatkan, organisasi harus memikirkan bagaimana para jurnalis yang ada di SWI harus lebih baik kehidupan materinya, buat program kreatif yang bisa dijadikan income para jurnalis, karena kita tahu profesi jurnalis menulis berita, jadi jangan berharap menulis berita saja bisa membuat para jurnalis bisa hidup sejahtera.

“Harus ada ide-ide baru yang dapat dilakukan para jurnalis agar ada pemasukan lain yang bisa menjadi income besar para jurnalis, agar dari sisi materi kehidupan para jurnalis anggota SWI menjadi lebih baik,” jelas Aiko.

Baca juga:  Peringatan 70 Tahun Hubungan Indonesia-Jerman Momentum Perkuat Kemitraan

Sementara itu pengurus DPW SWI DKI Jakarta yang telah mendapatkan SK DPP turut hadir dalam Deklerasi dan Rakernas tersebut, selain hadir sebagai peserta rakernas Sebagian pengurus DPW DKI Jakarta ikut terlibat dalam team kepanitiaan Deklarasi & Rakernas SWI yang pertama ini.

“Banyak harapan dan pemikiran nyata yang bukan sekedar gagasan saja, ditunggu realisasinya,” ujar Harsono Ray Wakil Ketua DPW SWI DKI.

Ditambahkan, Masdjo Arifin yang masuk dalam jajaran kepengurusan di Bidang Antar Lembaga SWI DKI Jakarta, mengatakan jika dalam Rakernas ini adalah kendali mutu dari Sumber Daya Manusia, ditingkat DPP adalah kunci untuk kolaborasi secara Nasional dengan sesama Pengurus baik di DPW maupun DPD,” tegas Masdjo.

IMG 20220727 WA0055

Pelaksanaan Deklarasi dan Rakernas SWI yang pertama ini , DPW DKI Jakarta sendiri mendapatkan dukungan dari berbagai pihak antara lain dr. Jusuf motivator kesehatan kemenkes RI dengan memberikan support berupa pemeriksaan kesehatan gratis, obat-obatan, serta 1 unit Ambulance yang siap dilokasi acara, ada juga Pengusaha Ahmad Akbar Iluni UI memberikan produk berupa hand sanitizer, masker dan tas pinggang, Harmanto (Komisari Utama Mahkota Dewa) menyediakan minuman jamu tradisional gratis untuk para peserta dan undangan, selain itu ada Tika Bisono (Psikolog dan juga Public Figure) yang memberikan motivasi dalam acara ini, Babul Rohmah Wisata Halal dan PT nextron technology Indonesia yang memberikan dukungan berupa produk untuk memeriahkan acara dan yang terpenting dukungan bank mandiri sebagai sponsor utama yang ikut mensukseskan acara ini hingga bisa terselenggara.

Dalam penutupan, Ketua Umum Sekber Wartawan Indonesia memberikan apresiasi kepada Bank Mandiri sebagai partner dalam penyelenggaraan Deklarasi dan Rakornas SWI .

Laporan : Ria Satria

Tags: