Secara Y-on-Y Kota Sukabumi Inflasi Sebesar 2,52 Persen Pada Mei 2024

IMG 20240610 WA0013

REAKSIMEDIA.COM | Sukabumi – Secara month to month (m-to-m), Kota Sukabumi Alami Inflasi sebesar -0,16 persen pada Mei 2024. Sementara, tingkat Year on Year (y-on-y) mencapai 2,52 persen.

“Iya, berdasarkan data dari BPS, inflasi Kota Sukabumi secara m-to-m mencapai -0,16 persen,” ujar Kepala Bidang Perekonomian dan¬† Sumber Daya Alam, pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Sukabumi, Erni Agus Riyani, Senin, (10/6/2024).

Adapun peneybab terjadianya inflasi tersebut, lantaran adanya kebaikan indeks pada beberapa kelompok pengeluaran. Diantaranya, kelompok Kesehatan, kelompok transportasi, kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya sebesar 3,96 persen, kelompok Pendidikan, kelompok penyediaan makanan dan minuman, dan kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya.

“Berdasarakan Badan Pusat Statistik (BPS) adanya kenaikan indeks di beberapa kelompok pengeluaran pada Mei 2024,”terangnya.

Terpenting, kata Erni, dalam pengendalian inflasi, pihaknya bersama dinas dan lembaga lainya, akan terus melakukan analisa terhadap sumber atau potensi tekanan, serta melakukan inventarisasi data dan informasi perkembangan harga barang dan jasa secara umum. Termasuk, terus melakukan pemantauan ketersediaan dan pasokan yang dapat memicu kenaikan inflasi.

“Kami juga terus melakukan rapat mingguan bersama Tim Pengendalian Inflasi Nasional dengan Kemendagri, dan rapat dwi mingguan dengan TPID Provinsi Jawa Barat. Begitu juga tidak lupa terus menganalisis stabilitas permasalahan perekonomian daerah, yang dapat mengganggu stabilitas harga dan keterjangkauan barang dan jasa,”pungkasnya.

Laporan : Lelly

Baca juga:  Bakal Hadir Angkot Ber-AC di Kota Sukabumi

Tags: