Seman Widjojo Cup Kembali Digelar di Kala Tingkat Penyebaran Covid-19 Melandai

REAKSIMEDIA.COM | Karanganyar –  Sempat tertunda pada 2020 akibat pandemi Covid-19, turnamen tenis lapangan Seman Widjojo Cup (SW Cup) kembali digelar. Seman Widjojo Cup XVIII Tahun 2021 ini berlangsung pada tanggal 26 sampai dengan 28 November 2021, di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Turnamen ini dibuka langsung oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakrulloh, selaku pembina SW Cup Kemendagri. Acara pembukaan berlangsung di Lapangan Tenis Rumah Dinas (Pendopo) Bupati Karanganyar, Sabtu (27/11/2021).

Mewakili penyelenggara, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Benni Irwan menjelaskan, kegiatan ini diselenggarakan secara bersama oleh Kemendagri dan Pemerintah daerah (Pemda) Karanganyar, melalui Pelti Kabupaten Karanganyar.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, SW Cup XVIII Tahun 2021 ini merupakan ajang menguatkan silaturahmi para pecinta tenis lapangan, baik di lingkungan kementerian/lembaga, maupun pemerintah daerah. Tahun ini, atas dukungan Bapak Bupati, SW Cup XVIII diselenggarakan di Karanganyar,” kata Benni.

Benni menambahkan, dari 18 tim yang diundang, SW Cup Tahun 2021 ini akhirnya diikuti oleh 15 tim yang berasal dari berbagai daerah. “Semoga pandemi Covid-19 dapat semakin melandai, agar pada tahun berikutnya semakin banyak peserta yang berpartisipasi. Dengan banyaknya peserta yang ikut, diharapkan akan semakin kuat pula tali silaturahmi yang terjalin,” ujar Benni.

Selain sebagai ajang mempererat silaturahmi, lanjut Benni, kegiatan ini merupakan upaya untuk memperkuat koordinasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Dengan upaya ini, diharapkan kerja-kerja pemerintahan, baik di tingkat pusat maupun daerah, dapat terbantu.

“Dengan komunikasi yang tidak terlalu formal dan yang cair, serta hubungan personal yang baik, saya yakin sekat-sekat koordinasi akan bisa diterobos. Sehingga setiap hambatan dan kendala dalam pelaksanaan tugas dapat ditemukan solusinya,” urai Benni.

Baca juga:  Upacara Pengibaran dan Penurunan Bendera Merah Putih HUT RI ke-76 di Kabupaten Puncak Jaya Berjalan Aman dan Khidmat

Di lain sisi, lanjut Benni, kegiatan ini merupakan wujud dari keinginan Kemendagri untuk membangun kembali dan meningkatkan semangat berolahraga di lingkungan kementerian/lembaga dan pemda. Dia mengatakan, tenis lapangan merupakan salah satu cabang olahraga yang mendapat perhatian dan pembinaan di lingkungan Kemendagri. Hal ini ditandai dengan adanya Turnamen Tenis Lapangan Seman Widjojo Cup yang sudah digelar sejak beberapa tahun yang lalu.

Lebih jauh Benni menjelaskan, sebagai bagian dari keberlanjutan pembinaan, turnamen ini diharapkan dapat menjadi salah satu agenda rutin Pengurus Pusat Korpri Kemendagri.

“Bersama teman-teman pencinta tenis di daerah, kami akan berupaya agar Seman Widjojo Cup dapat digelar setiap tahun. Dari diskusi awal pada saat _technical meeting_ untuk tahun depan sudah ada dua daerah yang bersedia menjadi tuan rumah, yakni Kabupaten Tulungagung dan Kabupaten Wonogiri. Kami akan tindak lanjut dan persiapkan bersama,” pungkas Benni.

Laporan : Suryadi
Sumber : Puspen Kemendagri

Tags: