Warga Gurukinayan Datangi Kantor Bupati,Terkait Relokasi Yang Telah Dijanjikan

REAKSIMEDIA.COM | Kabanjahe, Karo – Sekitar puluhan warga desa Gurukunayan Kecamatan Payung mendatangi Kantor Bupati Karo, Senin (31/05/2021) didampingi DPC Kamtibmas Kabupaten Karo.

Kedatangan korban erupsi Gunung Sinabung ini, terkait relokasi yang sudah dijanjikan sampai sekarang belum terealisasi.

Hal ini diungkapkan oleh pimpinan aksi,Alfian Gunanta Bangun, SH dalam orasinya ” tuntutan dari masyarakat Gurukinayan kepada Pemkab, agar segera menyelesaikan masalah relokasi yang sudah dijanjikan, kami menganggap keadilan di Kabupaten Karo sudah mati” ujarnya.

Kami hadir dan datang menanyakan kepada Bupati Karo Ibu Cory S Sebayang mengenai kepastian terkait relokasi kenapa sampai sekarang tidak ada solusi, jangan abaikan kami, dan kapan ini ditepati, dan dilaksanakan oleh Pemkab Karo” kata Alfian.

“Masyarakat Desa Guru Kinayan,sudah dua kali menanyakan ke BNPB Pusat, tapi BNPB Pusat mengatkan kendala ada di Pemkab Karo, karena dari awal sampai saat ini tidak ada laporan tugas dari BPBD Kabupaten Karo, kami sudah capek menunggu dan menunggu “ujar Alfian menyuarakan suara warga Gurukinayan.

Ketua Harian DPC Kambtibmas Indonesia Kabupaten Karo, Deka S.Surbakti mengatakan ” Pemkab Karo sangat lambat menangani terkait relokasi masyarakat terdampak erupsi,dan seperti ada pembiaran ” ujarnya sedikit kesal.

Marlon Brahmana, Ketua Bidang Organisasi mengatakan ” Kami akan tetap mendampingi warga Gurukinayan dan sama sama berjuang untuk kemerdekaan dan keadilan, masyarakat ini sudah terzholimi, dan penderitaan yang sudah dialami, Pemkab harus peduli, karena semua warga dilindungi oleh Pemerintah dan diatur dalam Undang Undang “ujarnya didampingi Dedi Bangun.

Menanggapi tuntutan dari aksi tersebut, Kalak BPBD, Asisten 1 Kabupaten Karo dan yang membidangi tentang Relokasi Pengungsi, Pihak Pemkab Karo dikasi waktu 1 Minggu sampai senin depan , BPBD Karo akan berkordinasi dengan BNPB Pusat, untuk menemukan solusi terkait relokasi tersebut dan secepatnya direalisasikan ke warga.

Baca juga:  Rutan Kabanjahe Gelar Vaksinasi Kedua,  Cegah Penyebaran Covid-19

Laporan : Erianto Perangin Angin

Tags: