Dandim 0428/MM Hadiri Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2023 di Kantor Bupati Mukomuko

IMG 20231001 WA0045

REAKSIMEDIA.COM | Mukomuko – Dandim 0428/Mukomuko Letkol Inf Andri Suratman menghadiri Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang digelar di Kantor Bupati Mukomuko Bengkulu, upacara yang dipimpin langsung oleh Bupati Mukomuko H.Sapuan SE MM Ak CA CPA CPl, Minggu (1/10/23).

Upacara yang dilaksanakan untuk mengenang kembali jasa para Pahlawan Revolusi yang telah gugur pada peristiwa G30S PKI, dihadapan seluruh peserta Upacara, Bupati Mukomuko membacakan Teks Pancasila, dilanjutkan pembacaan UUD 1945 dan pembacaan Ikrar sebagai bukti kebulatan tekad Bangsa Indonesia untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan dalam menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI serta pembacaan doa.

Dandim 0428/Mukomuko Letkol Inf Andri Suratman yang dikonfirmasi seusai kegiatan tersebut menyampaikan bahwa peringatan Hari kesaktian Pancasila 1 Oktober tahun 2023 sebagai momentum untuk semakin mengamalkan Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia.

“Pancasila bukan hanya untuk sekedar menghapal, akan tetapi harus dapat mengamalkan isi isi dari Pancasila itu, dalam tujuan kita menjaga persatuan dan kesatuan dari semua elemen yang ada demi untuk Indonesia Maju,” jelasnya.

Dandim juga menyebutkan bahwa dalam mengisi kemerdekaan butuh sinergi yang baik dari semua pihak dan elemen yang ada. “Karena Pancasila sudah pasti dan sakti sebagai dasar negara kita yang harus dipertahankan dengan segenap jiwa dan raga,” pungkasnya.

Disisi lain, Dandim Mukomuko juga berpesan kepada generasi muda penerus bangsa untuk mengisi kemerdekaan dengan hal hal yang positif dan bermanfaat.

“Isilah diri dengan hal hal yang baik dan positif, dalam kerangka untuk mengisi kemerdekaan bangsa yang telah direbut oleh para pejuang kemerdekaan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raga untuk kemerdekaan ini, lanjutkan perjuangan para pahlawan bangsa dengan hal bermanfaat untuk membangun bangsa ini, membangun Indonesia yang maju dan lebih baik lagi kedepannya,” pinta Dandim 0428/MM Letkol Inf Andri Suratman.

Baca juga:  Apel Pagi Satgas TMMD Ke-113, Kades Sidodadi : Prajurit TNI Mesin Pembunuh di Medan Tempur, Tetapi Malaikat di TMMD

IMG 20231001 WA0046

Adapun Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023 mengambil tema “Pancasila Pemersatu Bangsa menuju Indonesia Maju”.

Inspektur upacara pada peringatan Hari kesaktian Pancasila tahun 2023 oleh Bupati Mukomuko dengan Komandan Upacara Ipda Sofyan S.Kom dan Perwira Upacara Iptu Haris Lazuardi, Pembacaan Naskah Pembukaan UUD 1945 oleh Frengki Mamere, Pembacaan Naskah Ikrar oleh ketua DPRD Mukomuko dan pembacaan doa oleh Damrizal, S.Th.I.,Ag (KUA Kota Mukomuko).

Tampak hadir dalam upacara tersebut, Bupati Mukomuko, Ketua DPRD, Dandim 0428/MM, Wakapolres Mukomuko, Sekdakab, Kasi Pidum Kejari Mukomuko, Ketua PN, Ketua PA, jajaran OPD Dan STAB serta seluruh peserta upacara Hari kesaktian Pancasila Kabupaten Mukomuko dan lainnya.

Laporan : Rahmadsyah Sipahutar

Tags: