Rawat Kebhinekaan Mencegah Intoleran, Koramil 02/Ipuh Gelar Komsos Bersama Komponen Masyarakat

IMG 20240709 WA0007

REAKSIMEDIA.COM | Mukomuko – Kodim 0428/MM melalui Koramil 02/Ipuh melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama berbagai elemen masyarakat yang berada di wilayah Teritorialnya, kegiatan yang digelar di Makoramil 02-Ipuh tersebut turut dihadiri Forkompimcam Ipuh, Forum Kades, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan kelompok Organisasi, Dewan Pembina DPC MOI Kabupaten Mukomuko, Organisasi Pemuda Pancasila, Senkom, Pokdarwis Pantai Wisata Abrasi Ipuh dan Anggota PKK, Selasa (7/9/24).

Dandim 0428 / Mukomuko melalui Danramil 02/Ipuh Kapten Inf. Afrian Suprianto, S.Ap mengatakan bahwa wawasan kebangsaan sangat penting dalam berbangsa dan bernegara. Hal ini menurut Danramil karena didalamnya mengamanatkan seluruh Bangsa agar menempatkan persatuan dan kesatuan, kepentingan serta keselamatan Bangsa di atas kepentingan pribadi dan golongan.

“Wawasan kebangsaan juga telah mengembangkan Indonesia sedemikian rupa sehingga Bhineka Tunggal Ika dipertahankan sampai sekarang,” ujarnya.

Lanjut Danramil, tujuan terselenggaranya kegiatan tersebut sebagai memfasilitasi komunikasi dua arah antara TNI dan Komponen Masyarakat, serta memberikan pemikiran yang bernilai dalam menghadapi tantangan yang dihadapi bangsa ini kedepannya
serta meningkatkan kembali minat masyarakat terhadap pemaknaan nilai-nilai Pancasila.

“Sehingga diharapkan seluruh komponen masyarakat dapat menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila di kehidupan sehari-hari guna menumbuhkan rasa Cinta Tanah Air, Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,”Terangya

“Sebagai warga negara Indonesia semua menjadi benteng negara dari komponen Utama, Komponen Cadangan dan Komponen Pendukung,” pungkas Kapten Afrian.

Sementara itu Sekcam Ipuh, Buyung Andri,S.Sos memberikan apresiasi kepada rekan rekan TNI yang sudah memfasilitasi kegiatan silahturahmi bagi seluruh komponen masyarakat di wilayah Kecamatan Ipuh.

“Peran kita bersama dibutuhkan dalam menjaga keutuhan NKRI dan menghindari intoleran yang ada di lingkungan masyarakat,”ucap Buyung Andri.

Baca juga:  Sinergitas Kepolisian Bersama Dinas Perhubungan Kab. Pinrang Ciptakan Rasa Aman & Nyaman Jama'ah Haji Kab. Pinrang

Ditempat yang sama, Kapolsek Ipuh IPTU M. Setya Yuli M, S. H yang hadir dalam kegiatan tersebut juga menyampaikan peran TNI Polri serta masyarakat tidak dapat terpisahkan demi mewujudkan Kamtibmas di masyarakat. Ditambah pemahaman tentang merawat kebhinekaan mencegah intoleran serta Wawasan Kebangsaan di masyarakat sangat dibutuhkan dalam penerapan dalam lini kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kami selalu ada bersama TNI dan Masyarakat demi mewujudkan Kamtibmas yang baik,”tutup Kapolsek.

Diketahui dalam kegiatan tersebut Danramil 02/Ipuh juga memberikan cindera mata kepada organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan di Kecamatan Ipuh.

Laporan : Rahmadsyah Sipahutar

Tags: