Respon Cepat BWSS VII dan Dinas PUPR Atasi Jebolnya Irigasi Sayap Kanan Bendung Manjuto

IMG 20231206 WA0093

REAKSIMEDIA.COM | Mukomuko – Kolaborasi Balai Wilayah Sungai Sumatera Sumatera VII bersama Dinas PUPR Provinsi Bengkulu dan Dinas PUPR Kabupaten Mukomuko dalam tanggap darurat untuk menyelamatkan kurang lebih 800 Hektare lahan persawahan yang berada di sayap Kanan Bendung Manjuto berbuah manis.

Saluran irigasi ambrol yang berada di Desa Lalang Luas Kecamatan V Koto berhasil ditangani dengan baik untuk mengantisipasi terjadinya gagal tanam lahan persawahan yang berada di jalur sayap kanan bendung tersebut.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Mukomuko
Apriansyah ST MT melalui Kepala UPTD Pengairan Lubuk Gedang Debiriadi S.Ap yang dikonfirmasi menyebutkan bahwa perbaikan irigasi sayap kenan Bendung Manjuto yang jebol di Desa Lalang Luas sekitar 2 minggu lalu sedang dilakukan perbaikan.

“Kolaborasi antara BWS Sumatera VII bersama Dinas PUPR Provinsi (TPOP) dengan Dinas PUPR Kabupaten Mukomuko dalam mengantisipasi gagal tanam, dan telah membuat “saluran pengalihan” agar air dapat mengalir lancar ke lahan persawahan petani, hingga sampai saluran irigasi yang jebol diDesa Lalang Luas selesai diperbaiki,”ungkap Debi.

IMG 20231206 WA0091

Lanjut Debi, “Alhamdulillah, saluran pengalihan air irigasi sudah selesai, dan hari air telah mengalir normal, ini semua dilakukan agar dapat mempertahankan lebih kurang 800 hektare sawah yang sudah ditanam petani, “ungkapnya.

Kepala UPTD Pengairan Lubuk Gedang ini menyampaikan pesan kepada para petani untuk tidak kuatir akan lahan persawahan yang baru ditanam mengalami kekeringan.

“Petani harus tetap semangat bertani nya, karena berkat doa kita bersama, permasalahan air akibat jebolnya saluran irigasi di Desa Lalang Luas bisa cepat kita atasi, semoga kiranya Balai Wilayah Sungai Sumatera VII dapat memperjuangkan anggaran sehingga bisa di tanggani permanen,” imbuhnya.

Selain itu, Debi berharap kepada pemerintah Pusat, Provinsi dan kabupaten, provinsi khususnya Balai Wilayah Sungai Sumatera VII Bengkulu dapat meningkatkan perbaikan jaringan irigasi DI Bendung Manjuto menjadi jaringan permanen.

Baca juga:  Kasdim 1710/Mimika Mengikuti Vicon Peresmian Penggunaan Fasilitas Air Bersih Oleh Kasad

“Banyak jaringan yang sudah tua dan belum permanen, semoga kedepannya dapat menjadi perhatian dari Pemerintah Pusat ataupun BWSS VII demi tujuan dan upaya kita untuk mempertahankan lumbung pangan Nasional khususnya lumbung pangan di Kabupaten Mukomuko,” paparnya.

IMG 20231206 WA0094

Diketahui jaringan irigasi sayap kanan bendung Manjuto yang jebol merupakan jaringan tua, akibatnya berdampak terhadap lahan persawahan petani yang baru tanam terancam gagal dan respon cepat dari BWS Sumatera VII bersama Dinas PUPR Provinsi Bengkulu dan Dinas PUPR Kabupaten Mukomuko sangat membantu para petani dan menepis kekhawatiran petani atas ancaman gagal tanam.

“Kami berterimakasih sekali kepada pihak BWSS VII bersama Dinas PUPR Provinsi Bengkulu dan Dinas PUPR Mukomuko atas respon cepat untuk membantu petani kami, sehingga air sudah mengalir kelahan persawahan di Desa ini, Semoga upaya ini sebagai kebersamaan kita dalam menjaga lumbung pangan di Kabupaten Mukomuko, atas nama warga dan petani, sekali lagi kami mengucapkan terima atas perhatian dan kepedulian pemerintah,” tutur Kades Sumber Makmur Hadi Sulistyo.

Hal senada juga disampaikan warga Desa Suka Pindah melalui Kades Dedi Sumarlin yang mengapresiasi gerak cepat Instansi terkait untuk memperbaiki Saluran Irigasi Sayap Kanan yang jebol di Desa Lalang Luas.

“Tentunya warga tidak merasa khawatir lagi akan ancaman gagal tanam, semoga tidak ada kendala lagi bagi petani kita, terimakasih kami kepada Pemerintah khususnya Balai Sumatera VII dan Dinas PUPR Provinsi serta PUPR Mukomuko,” pungkasnya.

Laporan : Rahmadsyah Sipahutar

Tags: