5 Kategori Nominasi Hoegeng Awards 2024

IMG 20240604 WA0150

REAKSIMEDIA.COM | Jakarta – Hoegeng Awards 2024 diselenggarakan untuk menjaring polisi teladan berdasarkan usulan publik. Pada tahun ini, Hoegeng Awards akan menganugerahkan lima kategori penghargaan kepada para polisi teladan di Korps Bhayangkara. Kelima kategori tersebut yaitu :

NOMINASI I

Polisi Berintegritas

Penekanan kategori ini adalah pada kejujuran dan profesionalitas dari seorang anggota polisi tersebut. Sikap sepenuhnya melayani masyarakat tanpa pandang bulu, tanpa membedakan status sosial menjadi poin kunci. Selain itu, ada kriteria-kriteria lainnya yang tak kalah penting seperti kewajaran harta, sikap antigratifikasi dan juga profesionalitas dalam bertugas.

IMG 20240604 WA0151

1. BRIGJEN. POL. DR. INDARTO
DIRPROG PASCA SARJANA STIK LEMDIKLAT POLRI

Tolak “UANG TERIMAKASIH” dari Prusahaan di Bekasi. Sebagai Kapolres Bekasi Kota. Beliau membantu penyelesaikan masalah dengan sangat baik, dan ketika Kami memberikan tanda terimakasih. Beliau menolak dengan sopan dan baik.

“Membangun Integritas dan pelayanan prima bebas dari Korupsi”

IMG 20240604 WA0152

2. AKBP. SRI WAHYUNI
KABAGGADIK SEPOLWAN LEMDIKLAT POLRI

Tegas, Lugas dan Anti Suap
Saat AKBP SRI WAHYUNI menjadi PPK untuk pengadaan makanan siswa, YUYUN memutar otak untuk bisa berkenalan dengan AKBP SRI WAHYUNI. Namun ternyata kesempatan itu tak datang hingga proses lelang selesai. Karena AKBP SRI WAHYUNI tak membuka kesempatan berkomunikasi dengan Jaringan Pribadi (Japri) pada YUYUN.

IMG 20240604 WA0153

3. AIPTU SUPRIYANTO
BA SATSAMAPTAPOLRES LAMPUNG TENGAH POLDA LAMPUNG

“KEMBALIKAN UANG Rp. 100 JUTA”
Aksi terpuji dilakukan oleh AIPTU SUPRIYANTO Anggota Polres Lampung Tengah itu, mengembalikan tas pemudik berisi uang Rp. 100 Juta. Yang ditemukan tertinggal di sebuah toilet Rest Area KM. 116 A Tol Trans Sumatera Lampung Tengah.

NOMINASI II

Polisi Tapal Batas dan Pedalaman

Merupakan kategori untuk anggota polisi yang memiliki pengabdian dan dedikasi tinggi kepada masyarakat yang ada di pedalaman maupun di daerah terluar. Penekanannya bukan hanya pada daerah terluar atau perbatasan namun juga pada daerah pedalaman Indonesia.

IMG 20240604 WA0154

1. AKP IBERAHIM EKA BERLIN
KASATSAMAPTA POLRES NUNUKAN POLDA KALTARA

Perjuangan AKP BERLIN tingkatkan Literasi anak Eks PMI di Nunukan. Dikenal warga sebagai Polisi yang sangat aktif memberikan perhatian pada pendidikan anak.

Beliau berjuang meningkatkan Literasi anak-anak mantan pekerja migran indonesia (PMI). Lewat perpustakaan keliling hingga rumah belajar di Nunukan Kalimantan Utara.

IMG 20240604 WA0155

2. BRIPKA SEPTINUS ARUI
BA SATBINMAS POLRESTA MANOKWARI POLDA PAPUA BARAT

Mengajar siswa SD di Papua Barat Daya seorang diri, dikenal masyarakat Distrik Mubrani Kabupaten Tembrauw Papua Barat Daya. Sebagai sosok yang peduli dengan pendidikan. Beliau menjadi guru pengganti di sebuah Sekolah Dasar (SD) di kampung Wasnembri. BRIPKA ARUI menjadi guru pengganti kala guru utamanya enggan mengajar. Beliau mengajar seorang diri, hingga guru pengganti lainnya datang dan mengajar di sana.

IMG 20240604 WA0156

3. AIPDA WARDIKA SAPUTRA
PS. KANIT 3 SATRESKRIM POLRES SIMEULUE POLDA ACEH

“POLISI PENJAGA TELUR PENYU DI SIMEULUE ACEH”

Memberantas korupsi menjadi tugas utama AIPDA WARDIKA sebagai KANIT TIPIKOR SATRESKRIM POLRES SIMEULUE. Dibalik itu, Beliau juga ternyata aktif membantu melestarikan penyu di kawasan Kabupaten Simeulue Aceh. Sejumlah cara dilakukan untuk menjaga ekosistem di Simeulue, khususnya pantai Along, agar tetap seimbang. Hingga saat ini, apa yang dilakukannya dirasakan oleh masyarakat.

NOMINASI III

Polisi Pelindung Perempuan dan Anak

Merupakan anggota polisi yang memiliki aksi nyata dalam melakukan perlindungan atau pengayoman terhadap perempuan, anak-anak, lansia, dan kelompok rentan lainnya. Perlindungan dan pengayoman yang diberikan bisa dalam bentuk perlindungan langsung, maupun dengan upaya penegakan hukum yang berpihak kepada kepentingan kelompok rentan tersebut.

IMG 20240604 WA0157

1. BRIPKA ALFIN NANCY TANAUMA
BANIT RESKRIM POLSEK BIROMARU POLRES SIGI POLDA SULTENG

“TANGANI KASUS PEREMPUAN & ANAK KEDEPANKAN PERSPEKTIF KORBAN”

Bintara Unit Reskrim Polsek Biromaru, Polres Sigi Sulawesi Tengah, BRIPKA ALFIN, atas penanganannya terhadap kasus perempuan dan anak. Beliau menilai perempuan dan anak yang menjadi korban kekerasan seksual harus dipulihkan dan dipenuhi hak-haknya.

Baca juga:  Kemendagri Uraikan Peran Strategis Sekda di Munas FORSESDASI

IMG 20240604 WA0158

2. AIPTU FRANSISCA DHAMAYANTI
PS. KANITBINPOLMAS SATBINMAS POLRESLAMANDAU POLDA KALTENG

“FOKUS BANTU PENDIDIKAN ANAK DI LAMANDAU”

Dikenal warga sebagai Polisi wanita yang sangat berdedikasi dan fokus membantu pendidikan anak usia dini di Lamandau Kalimantqn Tengah. Beliau memberikan pengetahuan kepada peserta didik tentang pentingnya menjaga diri dari orang asing melalui kegiatan bercerita dan main peran saat berkunjung kesetiap sekolah.

IMG 20240604 WA0159

3. AKBP RIO WAHYU ANGGORO
KAPOLRES BOGOR POLDA JABAR

“TUNTASKAN KASUS BAYI TERTUKAR DI BOGOR”

Beliau di apresiasi karena menuntaskan kasus bayi tertukar di Kabupaten Bogor yang sempat menghebohkan pada awal bulan Agustus 2023 lalu. AKBP RIO pro aktif membantu hingga para ibu bersatu lagi dengan anak kandungnya setelah tertukar selama kurang lebih 13 bulan.

NOMINASI IV

Polisi Inovatif

Penekanan kategori ini adalah pada hasil inovasi yang dilakukan oleh anggota polisi. Kriteria yang masuk dalam kategori ini ditekankan kepada produk inovasi baik berupa kebijakan maupun program, dampak inovasinya, dan seberapa besar apresiasi lingkungan kerjanya ataupun masyarakat terhadap inovasi tersebut.

IMG 20240604 WA0160

1. KBP BISMO TEGUH PRAKOSO
KAPOLRESTA BOGOR KOTA POLDA JABAR

“BIKIN SKCK GOES TO SCHOOL ATASI KENAKALAN DI BOGOR”

Kasus kenakalan remaja turut menjadi perhatian KAPOLRESTA BOGOR KOTA, untuk menuntaskan persoalan tersebut. Beliau menghadirkan Inovasi menyeluruh lewat program SKCK GOES TO SCHOOL. Anak-anak yang terlibat kasus tawuran hingga judi online di bina dalam program ini.

IMG 20240604 WA0161

2. BRIPKA IMAN HERI SUSANTO
BA POLSEK TAMBANG ULANG POLRES TANAH LAUT POLDA KALSEL

“TURUNKAN STUNTING DAN KEMBANGKAN BIO URINE DI KALSEL”

BRIPKA IMAM membantu mengembangkan pertanian dan perkebunan warga di desa pulau Sari Kecamatan Tambang Ulang Kabupaten Tanah Laut Kalsel, dari kelompok tani di desa yang semula lesu, disulapnya menjadi aktif kembali dan menghasilkan produksi komoditas lebih banyak. Selain itu, BRIPKA IMAM di nilai bisa meminimalisir kenakalan remaja di desa serta pernikahan dini.

IMG 20240604 WA0162

3. AKP REZA PRATAMA RHAMDANI YUSUF
KASAT LANTAS POLRES BELITUNG POLDA KEP. BABEL

“MEMBUAT DENSANAK TULI UNTUK LAYANI SIM TEMAN TULI”

Pada saat AKP REZA berdinas sebagai KASAT LANTAS KUTAI KARTANEGARA. Beliau membuat program bernama DENSANAK TULI untuk mengakomodasi TEMAN TULI yang ingin mempunyai SURAT IJIN MENGEMUDI (SIM). Mereka pun mendapatkan Edukasi bagaimana berkendara yang baik sebelum membuat SIM

NOMINASI V

Polisi Berdedikasi

Penekanan kategori ini adalah pada dedikasi ekstra yang diberikan anggota polisi, baik secara ekstra dalam pengabdian di dalam tugas, maupun memberikan pengabdian ekstra di luar tugas utamanya sebagai abdi negara. Penilaiannya meliputi dedikasi di dalam tugas internal, dedikasi dengan inisiatif sendiri membantu masyarakat di luar tugas dan seberapa besar apresiasi yang diberikan masyarakat kepada anggota polisi terkait.

IMG 20240604 WA0163

1. IPTU I MADE AMBO ARJANA
PAUR SUBDITBINSATPAM/POLSUS DITBINMAS POLDA PAPUA

“LESTARIKAN BUDAYA MENOKOK SAGU DI PAPUA”

IPTU MADE AMBO menghidupkan kembali budaya memeras pati dari batang pohon sagu secara tradisional atau Nokok yang mulai ditinggalkan di kota, khususnya Jayapura Papua. Kini mulai banyak anak muda dan masyarakat Menokok.

IMG 20240604 WA0164

2. BRIPKA MARWANTO
BANIT POLSEK AMPEL POLRES BOYOLALI POLDA JATENG

“BINA DISABILITAS HINGGA AJAK WARGA KELOLA SAMPAH DI BOYOLALI”

Membina kaum disabilitas agar bisa mandiri. BRIPKA MARWANTO juga mengajak warga mengelola sampah agar lingkungan menjadi bersih. Beliau membina komunitas disabilitas di Ampel untuk diberdayakan.

IMG 20240604 WA0165

3. BRIPKA NURMANSYAH
BAMIN SITIK SATBRIMOB POLDA SULSEL

“MEMBUAT RUMAH SINGGAH AMBULANCE GRATIS PASIEN RS. RUJUKAN DI MAKASAR”

Beliau adalah FOUNDER dari rumah singgah sigap, tempat tinggal untuk para pasien dan keluarga kurang mampu yang berobat ke Makasar. Semuanya di gratiskan mulai dari sewa kamar, makanan, listrik, air, ambulance di sediakan oleh beliau dan tim. Banyak masyarakat yang sangat terbantu oleh kebaikan beliau.

Laporan : Hotma

Tags: